Inilah Lagu Kematian

Gambar : Sosok Rezsoe Seres
 GLOOMY SUNDAY, inilah judul dari lagu kematian tersebut. Lagu ini menjadi sangat terkenal setelah munculnya banyak kasus kematian yang berkaitan dengan lagu ini.

Lagu ini ditulis oleh Lazzlo Javor, sedangkan aransemen musiknya oleh Rezsoe Seres yang seorang komposer sekaligus pianis dari Hongaria. Lagu yang populer pada tahun 1933 ini sebenarnya ditulis Lazzlo untuk kekasihnya. Namun kejadian aneh menimpa kekasih Lazzlo. Kekasihnya itu ditemukan meninggal karena bunuh diri dengan surat niatan bunuh diri yang bertuliskan "Gloomy Sunday".

Keanehan tidak behenti sampai disini. Beberapa waktu kemudian seorang pegawai negeri Hongaria dilaporkan tewas dengan cara menembak dirinya sendiri. Mayatnya ditemukan dalam keadaan menelungkup di atas lirik lagu Gloomy Sunday.

Selanjutnya, seorang gadis kepergok berupaya meracuni dirinya dengan keadaan lagu Gloomy Sunday yang masih mengalun di alat musik dalam ruangan itu.

Insiden mengerikan yang terjadi di restororan di Budapest juga berkaitan dengan lagu ini. Yakni ketika seorang pemuda yang menembak dirinya sendiri ketika selesai mendengarkan lagu Gloomy Sunday yang dibawakan oleh band di restoran tersebut.

Bahkan yang lebih menakutkan, Rezsoe Seres sendiri juga melakukan percobaan bunuh diri dengan cara melompat dari lantai delapan sebuah gedung. Ia sempat dibawa ke rumah sakit, namun di sana dia mencekik lehernya sendiri dengan kawat hingga tewas

Mengetahui banyaknya korban serta situasi yang semakin tak terkendali, pemerintah Hongaria melarang pemutaran lagu Gloomy Sunday di tempat umum. Walaupun begitu, lagu Gloomy Sunday sudah terlanjur tenar hingga manca negara dan tentunya menambah banyak korban. Salah satunya Inggris. Di Inggris, lagu ini pun dilarang diputar di BBC (British Broadcasting Channel) disebabkan kasus yang sama. Sedangkan di Amerika Serikat lagu ini tidak dilarang meskipun disana juga terdapat beberapa kasus bunuh diri.

Jika dihitung-hitung sekitar 200 upaya bunuh diri yang ada di dunia berkaitan dengan lagu Gloomy Sunday.

Memang lagu Gloomy Sunday menyiratkan tentang keputus-asaan dan kesedihan dalam setiap liriknya. Dan mungkin inilah penyebab mengapa banyak orang yang mencoba untuk bunuh diri setelah mendengar lagu ini. Dengan kata lain, banyak orang yang ingin bunuh diri karena merasa tersugesti dengan lirik lagu ini yang juga diperparah dengan perasaan yang sedang down. Walaupun begitu, jika jiwa dan iman kita kuat, tentu kita tidak akan melakukan hal yang sangat sia-sia ini. Karena sesungguhnya hidup itu adalah anugerah yang diberikan tuhan kepada setiap ciptaannya dan harus disyukuri. Seberat apapun masalah dalam hidup kita, tetap, hidup harus disyukuri. Dengan bunuh diri, kita bukannya memperbaiki keadaan namun justru memperburuknya. Ingatlah bahwa bunuh diri adalah perbuatan yang dibenci tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar